Tanggung Jawab Pembina Pramuka Sangat Berat dalam Membentuk Karakter Anak

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN -- Dalam membina dan membentuk karakter generasi muda tidaklah semudah membalikan telapak tangan, bermacam-macam cara telah dilakukan, baik melalui bermacam organisasi-organisasi kepemudaan maupuan kegiatan- kegiatan kepemudaan, tapi semua itu belum begitu maksimal. 

Oleh sebab itu pemerintah kabupaten Pasaman bersama Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0308/Pasaman mempunyai harapan besar kepada seluruh pembina pramuka di daerah ini agar dapat bersama-sama membina dan memumpuk karakter anak-anak bangsa dengan kegiatan Kepramukaan.

Hal tersebut disampaikan oleh, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, Mara Ondak selaku Ketua Kwartir Cabang 0308/Pasaman pada saat membuka Kursus Mahir Dasar Pembina (KMD Mandiri) se-Kabupaten Pasaman Kwartir Cabang 0308/Pasaman bertempat di Aula Gedung Pertemuan UDKP Bonjol, Sabtu (9/3) kemarin.

Kata Mara Ondak, tugas pokok Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan kepramukaan bagi generasi muda guna menumbuhkan tunas-tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab sehingga dapat mengisi kemerdekaan dan membangun dunia yang lebih baik. 

"Sebagai pembina pramuka kita harus berkomitmen, bersukarela untuk membangun citra kepramukaan di Pasaman agar semakin dikenal dan dicintai oleh generasi muda saat ini," kata Mara Ondak.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam kepramukaan proses pendidikan terjadi karena adanya pertemuan yang Interaktif, Komunikatif, yang digerakan oleh prinsip dasar melalui metode kepramukaan secara teratur, terarah, terencana serta berkesinambungan oleh peserta didik dengan dukungan pembina pramuka. 

“Tanggung jawab pembina pramuka sangat berat karena menjadi panutan dan keteladanannya di tiru peserta didik. Untuk itu saya harapkan pembina pramuka ikhlas berbakti membina anak bangsa, berbudi luhur dan memberi kebajikan serta menepati janji satunya kata dan perbuatan,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, Ka Kwarcab juga mengajak seluruh peserta KMD yang sehari-hari nya berasal dari guru, baik guru SD, SLTP, dan SLTA ini, selalu berdiri dihadapan anak-anak kita, menjadi contoh dan panutan generasi muda. Perkaya ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman, ikutilah kursus ini dengan baik, disiplin dan penuh semangat.

"Dengan diadakannya kegiatan KMD ini, para pembina pramuka di daerah ini kedepan dapat menjadi pribadi yang berkarakter, berakhlak terpuji, mandiri, semangat bekerja keras dan disiplin," ucapnya.

Sekretaris Kwarcab 0308/Pasaman, Nazri Chan dalam laporannya mengatakan, tujuan KMD adalah untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan untuk membina satuan pramuka di gugus depan masing-masing serta memberikan pedoman dan acuan dalam melaksanakannya perannya dalam gerakan pramuka. 

Perkembangan Gerakan Pramuka dari masa kemasa, kata dia selalu mengalami perubahan yang sangat signifikan. Hal tersebut perlu diimbangi oleh peningkatan kualitas dan kapasitas para Pembina Pramuka yang dilakukan secara berkala.

Berlandaskan hal tersebut, maka Kwarcab 0308/Pasaman menyelenggarakan suatu kegiatan yang dengan tujuannya mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bagi pembina-pembina pramuka di sekolah-sekolah terpadu di seluruh daerah Kabupaten Pasaman dengan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD).

Nazri Can menyampaikan, kegiatan KMD ini diikuti sebanyak 112 peserta yang berasal dari guru-guru SD, SLTP dan SLTA se Kabupaten Pasaman, dengan waktu pelatihan selama 72 jam mulai tanggal 9 Maret hingga 14 Maret 2019 ini. 

"Materi yang diajarkan dalam KMD ini diantaranya, metode kepramukaan, pakaian seragam pramuka, dan SKK serta TKK," ujarnya.

Selanjutnya, Korp pelatih dalam kegiatan KMD ini berasal dari Korps Pelatih Kwarcab Pasaman, Padang, Padang Panjang dan Korps Pelatih Kwarda 03 Sumbar. 

Informasi yang dihimpun Indonesiasatu.co.id , kursus KMD ini sebagai titik tolak mendasar bagi para calon pembina pramuka untuk memperoleh legalitas membina anggota pramuka di gugus depan atau pangkalan sesuai Sertifikat Hak. 

Hadir dalam kesempatan itu, Kapolres Pasaman selaku anggota Mabicab diwakili oleh Kapolsek Bonjol Iptu Edhie Tirto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman, Ashari selaku anggota Mabicab, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Ricky Riswandi selaku Mabicab, Plt Kemenag Pasaman Edy Ridwan, para pelatih, pengurus Kwarcab 0308 Pasaman, Camat se Pasaman, serta peserta KMD se Kabupaten Pasaman. (Anto)

  • Whatsapp

Index Berita