HUT Kabupaten Solok ke-106, Bupati Resmikan Acara Festival 5 Danau

INDONESIASATU.CO.ID:

SOLOK-Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM membuka secara resmi Festival 5 Danau dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Solok yang ke-106 di Taman Hutan Kota Wisata Arosuka, Senin (25/03).

Pada acara pembukaan kali ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Solok H. Aswirman, SE, MM, Ketua DPRD Kabupaten Solok H. Hardinalis, SE, MM, Anggota DPD RI H. Novi Candra, SE, Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny. Desnadevi Gusmal, Ketua GOW Kabupaten Solok Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, para Kepala SKPD di lingkup Pemerintahan Kabupaten Solok, Camat se Kabupaten Solok, Forkopimda Kabupaten Solok, para Pimpinan Instansi Vertikal Terkait, serta Bundo Kanduang se-Kabupaten Solok.             

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok Yandra, SE, MM Selaku ketua pelaksana kegiatan, diawal sambutannya menyampaikan bahwa Festival 5 Danau ini merupakan event tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Solok, dalam bentuk pameran dan pasar rakyat, guna mempromosikan wisata, budaya dan kuliner.

Yandra menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan ketahanan budaya dan citra pariwisata, demi menunjang pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Solok.

Yandra berharap dengan terlaksananya kegiatan ini dapat mendorong bangkitnya UMKM, serta  ajang bagi pihak swasta untuk mempromosikan produknya.

Yandra menyebutkan peserta kegiatan ini berasal dari Nagari, Kecamatan, SKPD, BUMD/BUMN, Instansi Vertikal, perusahaan swasta serta pedagang kuliner dan kerajinan lainnya di Kabupaten Solok.

Hardinalis diawal sambutannya menghimbau agar seluruh lapisan terkait dapat mengeksplor potensi daerah, untuk dapat  terus dikembangkan.

Hardinalis berharap agar dapat menjadikan kegiatan ini, sebagai ajang bagi Pemerintah Daerah untuk dapat mempromosikan potensi daerah, agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Hardinalis juga meminta agar menjadikan momentum saat ini, sebagai ajang evaluasi bagi Pemerintah Daerah, terkait dengan program kerja yang telah dilaksanakan untuk memajukan daerah.

“Tetap lestarikan segala jenis budaya yang ada dan jadikan event seperti ini sebagai kegiatan tahunan. Festival 5 Danau akan mengantarkan kesejahteraan bagi masyarakat jika kita laksanakan dengan baik dan maksimal”, jelas Novi Candra mengawali sambutannya.

Novi juga berharap dengan adanya festival tersebut, dapat menjadikan wisata di Kabupaten Solok, lebih dikenal oleh daerah luar, baik wisata kuliner, wisata budaya maupun objek wisata lainnya.

Bupati Solok diawal sambutannya menyampaikan bahwa, pelaksanaan event ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut pemerintah Kabupaten Solok dalam percepatan pengembangan kepariwisataan daerah dengan mensinergikan nilai-nilai budaya lokal dan seluruh stakeholder.

Kegiatan ini diyakini akan mampu menjawab tantangan agar masyarakat dapat merasakan dan memeriahkan HUT Kabupaten Solok yang selama ini hanya dirasakan oleh segelintir orang saja.

Bupati menghimbau agar melalui Festival 5 Danau ini, mampu menjadikan  pariwisata sebagai sektor prioritas di Kabupaten Solok.

Bupati berharap, dengan dilaksakannya kegiatan ini dapat mengangkat citra pariwisata Kabupaten Solok.

“Jadikan danau kita sebagai objek wisata dan sumber pencaharian bagi masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi”, ungkap Bupati mengakhiri sambutannya. (admin).***

  • Whatsapp

Index Berita