Atasi Abrasi Sungai Pampan Batang Kapas, Bupati Pesisir Selatan: Kita sudah Minta PSDA dan BPBD Pessel untuk Buat Proposal ke Kementerian Pusat

INDONESIASATU.CO.ID:

PESISIR SELATAN - Abrasi pantai terjadi di daerah Sungai Pampam, Nagari Koto Nan Tigo, Kecamatan Batang Kapas hampir 6 bulan lalu sepanjang kurang lebih 4 kilo sebelumnya membuat satu unit rumah tersapu gelombang pantai. Kamis (20/2)

Berdasarkan pantuan di lokasi, kondisi rumah kini sudah tidak lagi ditempati pemiliknya karena kondisi rumah cukup parah, hampir sebagian dinding rumah hancur. Bupati Pesisir Selatan H.Hendrajoni didampingi Kepala PSDA Pessel Doni Guzrizal serta Camat Batang Kapas Wendra Revikto turun melihat langsung kondisi abrasi pantai di lokasi tersebut.

"Kita sudah minta PSDA dan BPBD Pessel untuk membuat proposal ke Kementerian Pusat, dalam penanganan Abrasi Pantai dan  Bencana, " tegas Bupati Pessel H.Hendrajoni. 

Selain itu Hendrajoni juga akan melakukan pengerasan jalan sepanjang 3 kilo, karena jalan ini akses warga untuk membawa hasil melaut. Camat Batang Kapas Hendra Revikto menuturkan  bahwa kejadian abrasi pantai di wilayahnya itu terjadi sudah hampir enam bulan, dan masalah tersebut sudah dilaporkan ke Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait.

Kepala Dinas PSDA Pessel Doni Guzrizal menerangkan bahwa PSDA Pessel tahun 2017 yang lalu telah mengirim proposal ke Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU PR, khusus untuk abrasi pantai di Sungai Pampam, Nagari Koto Nan Tigo, Kecamatan Batang Kapas diusulkan anggaran Rp. 20 miliar. 

"Kita akan bangun batu jette sepanjang 4 kilo," tegas Doni.

Doni memintak kepada masyarakat agar bisa sabar, karena hal tersebut harus melalui proses mana yang diprioritaskan oleh Pemerintah Pusat, namun begitu muda - mudahan dengan hubungan baik  Bupati Pessel Hendrajoni dengan pusat proposal anggaran ini bisa terealisasi secepatnya.

Dan, selain PSDA dari dana Tanggap Darurat Badan Penangulangan Bencana Daerah ( BPBD) Pessel, bisa dipergunakan untuk penanganan bencana di Pessel.(***)

  • Whatsapp

Index Berita